Minggu, 26 Juni 2011

MANUSIA PURBA DI INDONESIA



Manusia Purba di Indonesia - Ciri-ciri manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia yakni : 
Meganthropus : Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu;  Badannya tegak; Hidup mengumpulkan makanan;  Makanannya tumbuhan; Rahangnya kuat.

Pithecanthropus : Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu; Hidup berkelompok; Hidungnya lebar dengan tulang pipi yang kuat dan menonjol; Mengumpulkan makanan dan berburu; Makanannya daging dan tumbuhan
Homo : Hidup antara 25.000 s/d 40.000 tahun yang lalu; Muka dan hidung lebar; Dahi masih menonjol; Tarap kehidupannya lebih maju dibanding manusia sebelumnya.

Corak Hidup manusiaPurba: Hasil kebudayaan manusia prasejarah untuk mempertahankan dan memperbaiki pola hidupnya menghasilkan dua bentuk budaya yaitu : Bentuk budaya yang bersifat Spiritual; Bentuk budaya yang bersifat Material;  
Kepercayaan ManusiaPurba: Masyarakat Prasejarah mempunyai kepercayaan pada kekuatan gaib yaitu :

Dinamisme, yaitu kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib. Misalnya : batu, keris.
Animisme, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang mereka yang bersemayam dalam batu-batu besar, gunung, pohon besar. Roh tersebut dinamakan Hyang.

Pola kehidupan manusia purba: Bersifat Nomaden (hidup berpindah-pindah), yaitu pola kehidupannya belum menetap dan berkelompok di suatu tempat serta, mata pencahariannya berburu dan masih mengumpulkan makanan; Bersifat Sedenter (menetap), yaitu pola kehidupannya sudah terorganisir dan berkelompok serta menetap di suatu tempat, mata pencahariannya bercocok tanam. Mulai mengenal norma adat, yang bersumber pada kebiasaan-kebiasaan
Sistem bercocok tanam/pertanian:  Mereka mulai menggunakan pacul dan bajak sebagai alat bercocok tanam; Menggunakan hewan sapi dan kerbau untuk membajak sawah; Sistem huma untuk menanam padi; Belum dikenal sistem pemupukan
Sistem Pelayaran:  Dalam pelayaran manusia prasejarah sudah mengenal arah mata angin dan mengetahui posisi bintang sebagai penentu arah (kompas)
Bahasa:  Menurut hasil penelitian Prof. Dr. H. Kern, bahasa yang digunakan termasuk rumpun bahasa Austronesia yaitu : bahasa Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia; Terjadinya perbedaan bahasa antar daerah karena pengaruh faktor geografis dan perkembangan bahasa.

Jenis – Jenis manusia Purba: Meganthropus Paleojavanicus (Sangiran); Pithecanthropus Robustus (Trinil); Pithecanthropus Erectus (Homo Erectus) (Trinil); Pithecanthropus Dubius (Jetis); Pithecanthropus Mojokertensis (Perning); Homo Javanensis (Sambung Macan); Homo Soloensis (Ngandong); Homo Sapiens Archaic; Homo Sapiens Neandertahlman Asia; Homo Sapiens Wajakensis (Tulungagung); Homo Modernman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar